Searching...
Rabu, 12 November 2014

PAHALA TAKUT KEPADA ALLAH (Cerpen renungan)


sahabatku yang biudiman, mungkin kisah ini sering kita alami disekitar kita atau bahan mungkin kita adalah salah satu aktor dalam permainan tersebut, kalau ia jangan bilang-bilang ia, cukup teman-teman dan aku yang tau, hehehe . langsung saja ini dia kisahnya.....
Dalam sebuah hadist Qudsi, ada riwayat mengenai balasan yang diberikan Allah kepada orang yang takut kepada-NYA.
Rasulullah saw. bersabda "ada seroang laki-laki yang tidak pernah berbuat kebajikan sama sekali. lelaki itu berwasiat kepada keluarganya, jika nanti aku mati, maka bakarlah aku hingga lumat menjadi abu. kemudian taburkanlah sebagian abi didaratan dan sebagiannya lagi di lautan. Demi Allah jika allah menghisabku, pasti Dia akan mengazabku dengan siksaan yang tidak pernah ditimpakan kepada siapapun di alam semesta ini".

Tat kala lelaki tersebut meninggal, keluarganya melakasnakan apa  yang telah diwasiatkan kepada keluarganya yakni dengan membakar jenazahnya dan mengambil abunya, lalu membuang sebagian dar abu tersebut didaratan dan sebagiannya lagi dilautan.
Lalu Allah memerintahkan daratan untuk mengumpulkan abu yang tersebar didaratan dan begitun dengan abu yang telah tersebar dilautan hingga terkumpul menjadi utuh atas kehendak dan izin Allah swt.
Kemudian Allah swt bertanya kepada lelaki tersebut(setelah dihidupkan) mengapa kau lakukan ini ?
laki-laki itu menjawab "karena aku takut kepadamu dan engkau lebih tau itu."
lalu Allah  mengampuni lelaki tersebut.
kisah yang terkandung dalam hadist qudsi ini mengajarkan kepada kita bahwa seseorang yang tidak pernah sama sekali mengerjakan kebajikan yang hidupnya selalu dipenuhi oleh maksiat. akan tetapi ia masih memiliki rasa takut kepada Allah swt. keagungan Allah ada didepan matanya, yang membuatnya merasakan takut jika ia akan dihisab dan diazab oleh Allah swt.

ketakutannya ini membuatnya berwasiat bodoh dengan meminta jasdnya untuk bakar lalu memisahkan abu pembakaran tersebut dengan harapan ia  tidak bisa dihisab oleh Allah dan tidak akan mendaptkan azab dari allah.
Namun allah maha kuasa untuk tetap menghisabnya, tdak ada yang luput dari hisabnya. hingga allah mengampuninya.

Hikmah yang dapat kita ambil kisah tersebut adalah sekecil apapun keimanan dalam diri seseorang(yaitu keimanan akan adanya allah, hisab, dan keadilan allah) dapat endatangkan ampunan dan rahmat allah swt. didalam al-Qur'an allah swt berfirman dan memberikan kabar gembira...........

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى (٤٠)فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى (٤١)
Artinya : “dan Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, Maka Sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).”(an-naazi’at: 40-41)
 semoga kita senatiasa menjadi peribadi yang selalu menghadirkan Tuhan dalam kehidupan kita, agar kita menjadi oarang-aorang yang beruntung... amin ya rabbal alaminnn....................

1 komentar:

  1. Amin ya Rabbal Alamiin...

    Semoga.

    http://ian-konjo.blogspot.com/

    BalasHapus

 
Back to top!